5 Lembaga Survei Rilis Hasil Elektabilitas Calon Gubernur Sumut

Menjelang pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni nanti, telah beredar hasil survei yang dirilis oleh lima lembaga terpercaya.

Diantaranya Media Survei Nasional (Median), Indo Barometer, Lembaga Studi Pemilu & Politik (LSPP), CEPP FISIP USU dan Stratak Indonesia.

Berikut rangkuman hasil dari lima lembaga survei tersebut yang menggunakan metode survei Multistage Random Sampling.

Unggulnya paslon Edy-Musa pertama nampak dari hasil survei yang dilakukan Media Survei Nasional (Median) pada 16-25 Januari 2018, paslon Edy-Musa unggul 33,1 persen dari semua paslon, terpaut 13.9 poin menyusul setelahnya, paslon Djarot Saiful Hidayat – Sihar PH Sitorus dengan perolehan 19,2 persen. Sementara posisi terakhir ditempati paslon JR Saragih – Ance Selian dengan perolehan 10,5 persen.

Dalam survei tersebut, sebanyak 37,2 persen responden menjawab tidak tahu, tidak menjawab atau belum menentukan pilihan.

Berlanjut pada survei yang dilakukan Indo Barometer pada 4-10 Februari 2018, dengan metode yang sama, paslon Djarot – Sihar menysul perolehan angka Edy-Musa, namun masih tipis, yakni 27,8 persen untuk Djarot – Sihar dan 27,4 persen untuk paslon Edy Musa. Sementara untuk paslon JR Saragih-Ance tetap diposisi terakhir dengan angka 9,4 persen.

Posisi Djarot-Sihar tak bertahan lama, dimana pada survei yang dilakukan Lembaga Studi Pemilu & Politik (LSPP) 18-17 Februari, paslon Edy-Musa kembali melesat ke posisi pertama. Tak tanggung-tanggung, dalam prolehan survei tersebut Edy-Musa merajai hasil survei dengan perolehan 42,77 persen. Terpaut jauh dibawahnya paslon Djarot-Sihar 19,14 persen dan paslon JR Saragih-Ance Slian 6,17 persen.

Memasuki bulan Maret, nampak pemilih Sumatera Utara kian memantapkan pilihan. Data tersebut tercermin dari hasil survei yang dilakukan Center of Education Political Party CEPP FISIP USU pada 3-7 Maret, pasalnya presentase responden yang menjawab tidak tahu, tidak menjawab atau belum menentukan pilihan hanya 11,54 persen. Kali ini Edy-Musa unggul 49,08 persen dari dua paslon Djarot-Sihar dan JR Saragih-Ance, yang masing-masing memperoleh 30,31 persen – 9,08 persen suara dari hasil survei tersebut.

Dengan demikian, rata-rata komparasi elektabilitas dari lima lembaga survei diatas bahwa pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah 37,85%, Djarot Saiful Hidayat-Sihar PH Sitorus 24,24%, JR Saragih-Ance Selian 7,03% dan tidak menjawab/rahasia 30,89%. Artinya dari hasil lima survei tersebut pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah unggul dalam kompilasi. (Joe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *