Sandi Sumbang 73% Dana Kampanye, Bagaimana Sumbangan Parpol Lain?

Sandiaga Uno adalah penyumbang duit terbesar untuk Badan Pemenangan Nasional (BPN) selama empat bulan terakhir masa kampanye. Dia mengeluarkan duit lebih besar ketimbang Prabowo Subianto sebagai capres.

Duit yang telah ia gelontorkan bahkan jauh lebih besar dari yang dikeluarkan Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS selaku partai pendukung.

Total dana kampanye BPN yang terkumpul pada periode 23 September-28 Desember 2018 mencapai Rp54 miliar. Sebanyak 73,1 persennya, setara Rp39,5 miliar, berasal dari kantong pribadi Sandi. Sementara Prabowo Rp13,05 miliar dan Gerindra Rp1,3 miliar. PAN dan PKS malah tercatat belum menyumbang sama sekali.

Pengumuman pendapatan dan pengeluaran dana kampanye dilakukan Sandi di Media Center Prabowo-Sandiaga, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (31/12/2018) lalu.

Pada kesempatan itu dilaporkan pula dipakai untuk apa uang yang sudah terkumpul. Sebanyak Rp46,6 miliar untuk kebutuhan seperti menyelenggarakan pertemuan terbatas, iklan di media, serta pembelian dan pemasangan APK (Alat Peraga Kampanye).

Apa yang Sandi inginkan dari pengumuman ini? Dia berharap agar apa yang ia lakukan “jadi motivasi untuk mendorong politik kita supaya transparan”.

Namun, bagi dosen komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio, ada alasan lain di balik apa yang dinyatakan Sandi. Sandi, kata Hendri, sebetulnya ingin mengingatkan partai pengusung yang belum berkontribusi di sektor ini untuk sesegera mungkin menyumbang.

sumber:https://tirto.id/sandi-sumbang-73-dana-kampanye-bagaimana-sumbangan-parpol-lain-dc4V

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *