Sosial Ekonomi Budaya

Survei Dampak Ekonomi, Sosial Dan Budaya Kehadiran Pusat Perbelanjaan Di Kota Medan

 Latar Belakang
Kehadiran pusat-pusat perbelanjaan modern baru telah menjadi pertanda menggeliatnya sektor perekonomian belum lagi masih bertahannya pasar-pasar tradisional yang ada, dan masih merupakan alternatif bagi konsumen untuk membeli barang-barang kebutuhannya. Pertumbuhan sektor ritel di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Namun kondisi tersebut harus diwaspadai dan dicermati oleh para pengembang, khususnya terkait dengan daya beli masyarakat.

Fenomena maraknya pembangunan pusat perbelanjaan modern telah terjadi 15-20 tahun terakhir. Munculnya pusat perbelanjaan baru juga tidak mustahil mematikan pusat perbelanjaan yang telah ada sebelumnya.

Saat ini paling tidak tercatat lebih dari sepuluh pusat perbelanjaan modern telah berdiri di Kota Medan, belum lagi yang masih dalam proses pembangunan. Hal tersebut menyebabkan munculnya persaingan antar pengembang pusat perbelanjaan modern yang saling berlomba untuk merebut hati pengunjung. Oleh karena itu, diperlukan perhatian yang lebih dari pihak pengembang pusat perbelanjaan modern untuk mengetahui bagaimana perilaku pengunjungnya, agar mampu menarik pengunjung dalam jumlah besar.Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan kajian mengenai analisis preferensi pengunjung dan positioning pusat perbelanjaan di Kota Medan.

TujuanSurvei

  1. Menganalisis tahapan pengambilan keputusan pengunjung pusat perbelanjaan di Kota Medan berdasarkan karakteristik Sosial Ekonomi masyarakat.
  2. Mengetahui preferensi pengunjung terhadap atribut pusat perbelanjaan di Kota Medan
  3. Mengkaji positioning pusat perbelanjaan di Kota Medan.