Survei Lesure: Elektabilitas Prabowo-Sandiaga Kalahkan Jokowi-Ma’ruf

 

Lembaga Survei Lesure merilis hasil survei real count Pemilihan Presiden 2019.

Dalam hasil survei, kelopok Capres Prabowo Subianto lebih kompak dibandingkan Capres Joko Widodo. Selain itu, jaringan Prabowo, berdasarkan hasil survei, lebih berkualitas dibanding petahana.

“Eigenvector Prabowo lebih berpotensi dalam mempengaruhi massa mengambang,” demikian disampaikan Lembaga Survei Lesure pimpinan, M. Mufti Mubarok, dalam keterangan yang beredar,

Adapun faktor penentu kualitas jaringan Jokowi adalah Ridwan Kamil. Sedangkan di pihak Prabowo, ada Fadli Zon, Fahira Idris, Rocky Gerung, Fahri Hamzah, Susilo Bambang Yudhoyono, dan juga Sandiaga Uno cawapres Prabowo.

“Kyai Ma’ruf Amin malah tidak menjadi eigenvector Jokowi,” katanya.

Bila melihat hasil survei popularitas perseorangan, Jokowi lebih unggul dibandingkan Prabowo, Jokowi dengan 65,03; Prabowo 48,18; Ma’ruf 5,77; dan Sandi 11,33.

Akan tetapi, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lesure, untuk elektabilitas, pasangan Jokowi-Ma’ruf kalah dari Prabowo-Sandi.

“Jokowi-Ma’ruf 49 persen, Prabowo-Sandi 51 persen.”

Survei dilakukan pada 27 November – 30 Desember 2018 yang melibatkan 130 juta pemilih yang terdiri dari, Pengguna Youtube 43 persen; Facebook 41 persen; Instagram 38 persen; dan Twitter 27 persen.

Adapun jumlah pengguna internet di Indoneisa, 52 persen berusia 17-35 tahun. Dan mereka adalah pemilih milineal yang memiliki kontribusi dalam penyebaran dunia politik.

“Memenangkan suara milineal berarti pula ‘memenangkan perang’ Pilpres 2019.”

sumber:Telusur.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *